Senin, 19 Januari 2009

Menghasilkan uang lewat Blog



Pada awalnya ngeblog sekedar untuk kepuasan batin diri sendiri dan orang lain yang membacanya, ditulis secara jujur tidak rekayasa, itu yang membedakan antara blogger dengan penulis. Artikel yang dimasukkan ke halaman web tadi tidak melulu curahan hati tapi bisa foto, jurnal, atau apa saja tergantung kita (minat kita).

Awalnya Blog dibuat oleh Marc Andersen tahun 1993 judulnya What’s New, berisi hal apa saja terbaru dalam jurnal hariannya. Tahun 1999 blogger.com membuat dan menyedikan sarana ngeblog dengan cara mudah dan gratis. Mulai saat itu berbondong-bondong orang membuat blog dan isinya beraneka ragam.

Mantan Raja Kamboja (Norodom Sihanouk) bercerita dari masalah gay hingga masalah politik. David ( 27 tahun), warga Amerika bercerita tentang pedihnya menjalani hari-hari digerogoti kanker stadium III, penderitaan saat pengobatan kemoterapi sampai ia putus asa akhirnya menenggak obat kemo Temoder hingga sekarat. Penderitaan ini ia ceritakan dalam Blog mulai Senin 16 Juni 2003 sampai akhirnya kanker meningkat menjadi stadium IV dan ... tahun 2004 blog nya diakhiri dengan tulisan Richard (kakak David) bahwa David telah meninggal. Banyak isi blog yang lain berupa masakan, wisata.

Ada juga Blog yang menghasilkan uang dengan cara diterbitkan seperti Raditya Dika mahasiswa Indonesia yang kuliah di Adelaide Australia. Dengan gaya humor bercerita seputar kehidupannya semasa masih kuliah, dengan dukungan dari para pembaca blog nya maka ia terbitkan buku yang berisi kumpulan tulisan blog Kambingjantan.com. Tapi kambingjantan.com sekarang sudah berubah karena mengikuti perkembangan blogger sekarang.

Perkembangan sekarang ini banyak blogger yang memanfaatkan blog nya dapat menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk-produknya, seperti saya ini juga ikut promosi afiliasi formulabisnis.com. Tapi ada juga yang menghasilkan uang karena mau menyediakan ruang dalam blognya untuk ditempati iklan pemilik bisnis (Advertisers).

Google AdSense adalah nama besar di dunia internet. Dalam program AdSense, Google berlaku sebagai agen antara pihak pengiklan dan publisher. Ada sarat penting untuk bisa masuk mendulang dolar lewat Google AdSense seperti : Blog yang bukan asal jadi, Konten yang unik, Bahasa blog yang didukung AdSense. Nah jika iklan AdSense berupa tulisan itu di-klik oleh pengunjung, maka pemilik blog tersebut akan mendapatkan bayaran berupa dolar.

Ada istilah makanan lokal juga enak. Ini berlaku untuk kita yang berbahasa lokal justru lebih menarik, karena pengunjung banyak yang memahami bahasa lokal akhirnya tertarik untuk klik iklan yang kita pasang dengan bahasa yang mereka pahami. Setiap iklan yang kita pasang jika di-klik oleh pengunjung maka kita akan mendapat uang bayaran. Di Indonesia ada KumpulBlogger, Adsentra, AdseneCAMP.

Jika anda ingin blog anda sebagai sumber uang segera daftar dan pasang iklan di blog anda. Tapi jika sumber uang ini akan menjadi besar maka perlu pengelolaan blog yang lebih. Teman-teman ada yang sekedar datang membaca artikel kemudian klik iklan sebagai tanda terima kasih sehingga pemilik blog mendapat imbalan dari hasil jerih payah membuat artikel yang bagus. Dulu awalnya saya begitu karena seringnya akhirnya masuk juga ikut program afiliasi yang sedang tayang di iklan tapi menghasilkan uang juga yaitu formulabisnis.com.

Ada pengunjung yang memang baru mencari informasi nah disinilah kesempatan iklan akan di klik dari mereka yang haus informasi. Menjalin hubungan dengan Blogger senior sangat penting untuk memajukan perkembangan blog. Menjalin hubungan dengan blogger baru sangat potensial menghasilkan klik karena mereka baru senang-senangnya mencari informasi untuk mendukung perkembangan blog.

Silahkan berkomentar karena akan menambah khasanah membesarkan sumber uang bagi blogger

Salam sukses
ENDRO SUNOTO

10 komentar:

  1. Trims atas informasinya mas Endro....

    Salam
    GARDU BISNIS

    BalasHapus
  2. pak Dokter Abdul Gamal.. trima kasih telah mampir. saya lagi buang daftar tamu, penyapa dengan harapan mereka mau masuk di pos komentar. tapi terimakasih sarannya.

    mas jpurnomo selamat datang.. dah lama baru mampir.

    BalasHapus
  3. kunjungan balik mas..
    menarik nih posting yang ini
    thx very much

    BalasHapus
  4. Posting yang menarik mas. Jadi tahu sejarah nge-BLOG. Tetap action dan saling support!!

    BalasHapus
  5. Itulah menyenangkannya ngeblog. Tapi sayang, di daerah saya mungkin hanya saya sendiri yang sudah terjun ngeblog dapet duit, hehehe...
    kebanyakan ngenet cuma nge-game, chatting, n cari film parno.
    Berarti peluang nih tuk dapat member sedaerah.

    Saran:
    1. Sepakat dengan Mas Abdul Gamal, sebaiknya shoutbox dipasang saja. Saya ngerti alasan anda tapi ada beberapa pertimbangan untuk memasang shoubox di blog, yaitu:
    a.Shoutbox biasanya untuk komentar yang tidak terkait dengan artikel.
    b.Anda akan memiliki jalur masuk (link) untuk melakukan kunjungan balasan pada pengunjung yang hanya mampir saja.
    c.Sangat jarang pengunjung yang berkomentar di artikel yang sama dua kali. Kecuali anda memasang fasilitas reply atau intens debate di kolom komentar. Nah, beri mereka ruang komentar di shotbox itu.
    d.Jika anda tetap ingin membuang shoutbox dan pengunjung masuk ke kolom komentar, maka terbitkan artikel setiap hari atau anda memasang fasilitas reply/intens debate.
    e.Ada dua cara sederhana dan saya yakin anda tahu agar blog anda banjir komentar: (1)rajinlah komentar di blog lain (2)promosikan artikel anda di jokosusilo.com atau forum lainnya.

    2. Sebaiknya Mas Endro mencantumkan jalur kontak (No.HP/email). Manfaatnya: agar saran seperti ini bisa masuk melalui dua jalur itu, bukan di kolom komentar.Ini ada korelasinya dengan personal branding.

    Mohon maaf, dan terimakasih!

    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis dan Info Pendidikan

    BalasHapus
  6. OK pak Guru, saya tahu maksud pak Guru.. saya yakin anda sangat jeli dan perhatian dengan teman. Terima kasih

    BalasHapus
  7. good posting hehe...

    BalasHapus
  8. Mencari duit di internet tidak bakal jenuh kalau idenya segar dan selalu bisa berubah...

    salam,

    kiki4hire

    BalasHapus