Kamis, 26 Februari 2009

Anda adalah arsitek kesuksesan masa depan anda sendiri


Pada dekade sekarang ini kesenjangan antara kaum kaya dan kaum miskin cukup lebar sehingga menyebabkan banyak persoalan dan kesulitan.

Sebagian politisi di manapun negara yang memiliki persoalan yang sama sangat serius mengusung program dengan berusaha agar masyarakat di negeri itu mendapatkan pekerjaan (memberantas pengangguran) dengan gaji yang lebih baik (memberantas kemiskinan).

Persoalan sekarang ini tidak sekedar memberantas pengangguran dan memberantas kemiskinan tapi ... krisis global telah memporak porandakan sebuah keinginan besar yang belum tercapai bahkan ... PHK terjadi dimana-mana. (sungguh di dunia ini tidak ada jenis pekerjaan yang aman dan nyaman sama sekali)

Jika anda (seumpama) seorang arsitek bangunan ... untuk memulai membuat sebuah rumah yang perlu anda lakukan adalah membuat perencanaan sebagus apakah bentuk rumah yang akan anda buat, berapa ukurannya, bagaimana model dan tata letak (denah) ... dari situlah anda menghitung kebutuhan bahan, tenaga ... sehingga ketemu biaya (anggaran) yang dibutuhkan.

Ketika orang yang sama ingin merencanakan masa depan, sebagian besar orang tidak tahu dari mana, dimana, bagaimana dan kapan harus memulainya. Dari situlah kebanyakan orang sering menggantungkan nasibnya pada orang lain, pada kebijakan orang yang mempekerjakan dirinya ... jika gaji dianggap tidak layak maka rame-rame mengadu kepada ... pengambil kebijakan (Pemerintah atau Anggota Dewan yang terhormat). ( sungguh ... sekali lagi di dunia ini tidak ada jenis pekerjaan yang aman dan nyaman sama sekali).

Terus bagaimana caranya? ... disamping bersandar pada kebijakan pemberi pekerjaan atau pemerintah ... sebaiknya anda harus merencanakan masa depan Anda sendiri ... ya, karena Anda adalah arsitek kesuksesan masa depan Anda sendiri.

Bagaimana kongkretnya merencanakan masa depan itu, yaitu anda harus tahu persis apa yang anda kehendaki, jika bisnis ... seperti apa bisnisnya (misal bisnis Internet, bisnis ternak sapi dan lain sebagainya), baru anda menyusun rencana.

Nah ... jika anda sudah tahu apa persisnya yang anda ingin kan maka matangkan dan mantapkan, dan jika hasil kajiannya menyatakan “OK, GO”, bergegaslah melaksanakannya ... jangan tunggu kelewat lama.

Kiranya sekian dulu tulisan saya kali ini dan pesan moral dari tulisan saya diatas adalah bahwa ... Anda adalah arsitek kesuksesan masa depan Anda sendiri ... kesuksesan anda akan lebih mudah, lebih cepat apabila anda mampu mendesain masa depan anda, membuat rencana ... dan action.

Salam sukses
ENDRO SUNOTO. SP

13 komentar:

  1. Tepat sekali kiranya yang anda sampaikan Mas Endro. Segera mengeksekusi ide akan semakin mempercepat langkah kita meraih keberhasilan. Namun begitu harus tetap direncanakan dengan baik dan targetnya harus jelas. Sehingga alur antara pra - pre - dan pasca bisa seimbang.

    Kesuksesan kita adalah milik kita. Jadi yang bertanggung jawab adalah kita dan yang mengusahakan adalah kita. Tinggal seberapa besar kemauan dan usaha kita untuk meraihnya.

    NB: Yang hangat sudah turun, Mas!
    Salam Istimewa!
    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

    BalasHapus
  2. begitulah adanya mas Guru Umar ... kita harus merubah nasib kita seraya berharap Tuhan akan Merindhoinya dengan Kuasanya.

    BalasHapus
  3. Benar Mas Endro. Kita adalah arsitek bagi kesuksesan masing2.

    pemerintah dan masyarakat selayaknya menjadi partner yang solid bukan kelompok yang terpisahkan oleh kebijakan yang saling merugikan.

    mari kita mulai membiasakan diri untuk memulai dari diri masing-masing.

    Gile Pak Guru! Kritis abis!

    Ternyata banyak efek negatif dibalik sekolah Gratis ini.
    itulah kenapa mental kita terserang virus mematikan yang perlu kita basmi. saya perlu banyak belajar dari Mas Umar ini, begitu bersemangat dan antusias dalam menyikapi persoalan sosial bangsa kita.

    Maju Terus Bisnis Guru: saya perdikis 3 bulan kedepan, popularitas blog ini akan meningkat signifikan. penyebabnya, analisis yang kritis, vokal dan bersahaja.

    SALAM SUKSES = BLOG MOTIVASI MENTAL =

    BalasHapus
  4. maaf mas, ter copy tuh kometar utk blog mas umar, tolong di hapus... he he he

    BalasHapus
  5. biar saja mas Fadly... biar yang baca penasaran dan meluncur ke alamat yang pas.

    BalasHapus
  6. Tentang krisis keuangan global, jujur saya katakan dampaknya sungguh mulai terasa di semua sektor industri. Untungnya negara kita tidak dilanda krisis politik dan hankamnas, sehingga tidak separah tahun 1998.
    Ya kita semua berdoa Mas Hendro, semoga krisis global ini cepat berlalu dari negeri kita khususnya. Sehingga karyawan yang sudah kena PHK bisa senyum kembali karena punya pekerjaan baru.

    BalasHapus
  7. Maaf Mas salah nulis, bukan Mas Hendro tapi Mas Endro, he..he... kesalahan sudah dikoreksi. Nyuwun pangapunten.

    BalasHapus
  8. sukses ya mas.

    Ketika orang yang sama ingin merencanakan masa depan, sebagian besar orang tidak tahu dari mana, dimana, bagaimana dan kapan harus memulainya. Dari situlah kebanyakan orang sering menggantungkan nasibnya pada orang lain, pada kebijakan orang yang mempekerjakan dirinya ...
    mempunyai idola memang penting,tapi harus mengenal diri sendiri. Untuk bekal perlu istilah meraih sukses, demi mencapai target yang dicita-citakan.

    blog rekan bisnis | rekanbisnisku.co.cc

    BalasHapus
  9. mas Sumartono dan Mas Dadang Firdaus ... semoga kita semua dapat menjalankan kehidupan sehari-hari kita sesuai dengan target, impian, harapan dengan tetap mensyukuri nikmat yang selama ini dapat kita raih.

    BalasHapus
  10. Bagus sekali mas artikelnya,
    Setiap orang bisa menjadi arsitek hidupnya masing-masing, tetaplah berusaha dan berdo'a, agar rencana berjalan sukses
    ----------------------------

    BalasHapus
  11. Siang mas Endro dan rekan-rekan semua,kita memang harus jadi arsitek untuk diri kita sendiri, walaupun kita harus nyonto orang lain, kalo mas Dadang Firdaus bilang seperti diatas, saya ada postingannya mas, kunjung aja mas di tempat saya http://www.full-jamal.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Masa depan ada di tangan kita. Karena itu segera ACTION! Lakukan ACTION secara berkelanjutan. Jangan menyerah sebelum tercapai. Dan jangan lupa imbangi dengan doa..

    BalasHapus
  13. Persis mas...,
    Anda adalah apa yang telah anda lakukan kemarin. Untuk menjadi anda hari esok, maka rencanakan (istilah anda desain) diri anda hari ini. Geladi resik-kan lah diri anda sekarang untuk menjadi anda hari esok. (semoga tidak bikin bingung..heheh...)

    BalasHapus