Sabtu, 21 Februari 2009

Sesuatu yang tidak mungkin bisa jadi mungkin




Seperti biasa setiap kali ada pelatihan petani saya berusaha menampilkan permainan untuk motivasi. Kali ini saya mengangkat tema tentang kemungkinan dari sesuatu yang dianggap oleh sementara orang tidak mungkin atau hal yang mustahil.

Saya bagikan kertas HVS kepada bapak-bapak petani peserta pelatihan masing-masing satu lembar. Tugas dari peserta adalah membuat lubang pada selembar kertas itu yang besarnya dapat dimasuki tubuh pembuatnya dari atas kepala hingga masuk kebadan dan keluar lewat kaki. Tidak boleh menggunakan bahan tambahan seperti lem, staples dan lain-lain. (Jika anda penasaran anda bisa membuat he.. he... he.... )

Tugas ini amat jelas, sangat sederhana ... maka mulailah permainan ini saya kasih waktu 5 menit.

Hingga waktu selesai banyak yang belum melaksanakan tugas yang sangat sederhana ini, ada yang membuat lubang tetapi tidak muat untuk dimasuki tubuh pembuatnya. Bahkan ada yang komentar "tidak mungkin bisa".

Akhirnya saya memberi contoh ... tidak sampai 5 menit udah jadi.
Nah ... contoh ini agar ditiru oleh semua peserta. Hasilnya semua bisa membuat, hanya bedanya adalah tingkat kerapian tugas, besarnya lubang, waktu yang dibutuhkan.

Cerita diatas hanyalah sekedar sebuah contoh yang sangat sederhana dimana saya ingin menyampaikan sebuah pesan moral dari permainan ini.

Inilah pesan yang saya sampaikan ... dan anda dapat menambahi untuk menambah khasanah sebuah ilmu motivasi.

þ Sesuatu yang kita pandang tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

þ Jika itu mungkin dapat dilakukakan oleh orang lain, maka itu juga mungkin kita lakukan dengan cara meniru. Sepanjang meniru tidak dilarang maka iklaskan diri anda untuk meniru orang-orang yang berhasil.

þ Memang meniru itu tidak mesti sama dengan yang ditiru seperti kwalitas, ukuran, kemampuan dan lain-lain tapi bagi kita yang selalu tumbuh selalu berusaha menyempurnakan, bahkan bisa melebihi kwalitas yang ditiru.

Inti pokok dari pesan moral ini adalah ... didunia ini serba mungkin dan meniru orang yang berhasil adalah baik adanya. Yang dilarang adalah memalsukan maka jangan dilakukan.
Sekarang pertanyaan-nya ... mungkinkah anda menghasilkan uang lewat Internet?
Kalau saya bukan mungkin lagi ... tapi telah terbukti saya menghasilkan uang dari blog yang sangat-sangat-sangat sederhana ini.

Salam Sukses
ENDRO SUNOTO, SP

14 komentar:

  1. Kita hanya perlu yakin dan ACTION sehingga seolah kegagalan itu mustahil terjadi.
    Just ACTION!

    BalasHapus
  2. ah bhethut syekali rhupanya komentar pak Joko. Siapa lagi yang mau komen disini sebelum komentar itu dilarang he.. he.. he..

    terima kasih pak Joko, sukses selalu

    BalasHapus
  3. saya (rekanbisnisku) yang mau komentar.
    =========================================

    buat apa dipersulit kalo masih bisa di permudah
    atau mau memilih yang ini
    buat apa dipermudah kalo masih bisa di persulit


    blog rekan bisnis | rekanbisnisku.co.cc

    BalasHapus
  4. tdak ada yg tdak mngkin slama kita :
    1. Kreatif
    2. Mmpu mlhat dri sdut pndang lain
    3. Peka
    4. Aktif
    5. Dan ykin dngn ap yg kita lkukan...

    BalasHapus
  5. Hmmmm....kreatif juga ya Mas Endro ini. Memang begitulah seharusnya gaya seorang mentor. Penuh kejutan-kejutan kecil yang manfaatnya sangat besar.

    Btw, sudah banyak kok sejarah membuktikan apa yang semula tidak mungkin akhirnya menjadi mungkin. Jadi, segera praktikkan 5 tips yang disampaikan Mas Ardi Pratama di atas agar kita bisa mengubah yang serba tidak mungkin itu menjadi mungkin dan mudah.

    Salam Istimewa!
    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

    BalasHapus
  6. mas Dadang kelihatan-nya di negeri kita ini nih kalau yang mudah tidak dipersulit jadi tidak keren. ini mestinya ya tidak boleh begitu. Terima kasih mas Dadang yang bersedia mampir n isi koment disini.

    mas Ardy Pratama, terima kasih... inilah yang saya tunggu-tunggu, ada hikmahnya saya menulis ini karena ada tambahan ilmu yang sangat bermanfaat dari mas Ardy, OK terima kasih.

    mas Umar Puja Kesuma, ... omong-omong apa hubungannya dengan Pak Umar Wira Hadi Kesuma ... masih saudara ya. Terima kasih telah mampir ... terus terang saya suka mas Umar sering memberikan masukan pada postingan saya, Jangan bosan ya mas.

    BalasHapus
  7. Ih..saya bikin kertas supaya bisa dimasukin bodi saya, kok ndak bisa-bisa ya? Hehehe..

    BalasHapus
  8. Vicky Laurentina ... memang perlu berfikir ektra untuk bisa membuat lingkaran kertas dari HVS itu, tapi saya sangat yakin anda pasti bisa karena memang mudah ... coba lagi, selamat mencoba.

    BalasHapus
  9. Mantaf mass..jadi tambah semangat nih ;)

    BalasHapus
  10. Memang betul, banyak kesuksesan yang didapat dengan cara meniru. Sekedar contoh, tidak mungkin Wright bersaudara menciptakan pesawat terbang yang pertama kalinya jika tidak terinspirasi oleh burung.

    BalasHapus
  11. M Popo... selamat datang di blog saya, semoga semangat anda tetap terjaga ya mas.

    M Sumartono... itulah maksud saya, selama meniru tidak dilarang kenapa sungkan toh... yang kita tiru segi baiknya.

    BalasHapus
  12. apa yang tidak mungkin boleh menjadi mungkin dengan usaha..

    BalasHapus
  13. kalo saya percaya, mengubah tidak mungkin menjadi mungkin. itu sangatlah bisa.

    hanya perlu keyakinan yang besar serta impian yang kuat untuk mewujudkannya dalam sebuah tindakan. dan ingat setelah bertindak, hadapi segala resikonya.

    SALAM SUKSES Fadly Muin

    BalasHapus
  14. @ Sueda ... memang benar yang pada awalnya dianggap tidak mungkin ternyata mungkin, dulu sebagian besar mengatakan kalau besi pasti tenggelam dalam air ... ternyata kapal dengon bobot mati 1000 ton bisa mengapung.

    @ Fadly Muin ... terima kasih anda telah menambahkan, setiap sesuatu ada resikonya.

    BalasHapus